Manado, suarapembaharu.com - Damar Juniarto selaku Vice President Regional Public Policy and Government Relations GO-JEK mengatakan, GO-FOOD Festival telah sukses mendukung pelaku UMKM kuliner di berbagai daerah di Indonesia dalam meningkatkan skala bisnisnya.
Hadirnya GO-FOOD Festival menjadi jawaban atas tantangan para pelaku kuliner lokal soal keterbatasan pendanaan, SDM, pengetahuan bisnis, hingga penentuan lokasi untuk pembukaan cabang baru.
"Dengan bergabung menjadi mitra merchant GO-FOOD, pelaku UMKM kuliner tidak perlu menyiapkan biaya tambahan untuk sewa tempat dan peralatan karena seluruh fasilitas sudah disediakan oleh pihak penyelenggara GO-FOOD Festival," kata Damar saat peresmian GO-FOOD Festival Manado di Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (25/08/2018).
Festival itu diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Utara Happy Korah.
Untuk GO-FOOD Festival kali ini, rencananya akan menghadirkan 30 merchant terbaik di Kota Manado yang dipilih dengan memanfaatkan analysis big data.
Tujuannya adalah untuk mempertahankan peningkatan transaksi merchant baik dari penjualan online maupun offline.
"Hal ini juga sekaligus merupakan apresiasi kami terhadap merchant GO-FOOD yang selama ini telah berupaya memajukan UMKM kuliner nusantara," tambah Damar.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Utara, Ir Happy T R Korah MSi mengapresiasi langkah GO-JEK dalam mendorong produktivitas pengusaha kuliner lokal Manado dengan memanfaatkan teknologi melalui layanan GO-FOOD.
Hal ini juga sejalan dengan visi Indonesia menjadi pusat ekonomi digital di Asia Tenggara pada tahun 2020.
"Gelaran GO-FOOD Festival yang menawarkan ragam kuliner lokal ini kami harapkan bisa dibuka di lokasi-lokasi lain, utamanya di Sulawesi Utara. Selain menawarkan berbagai produk kuliner untuk masyarakat, GO-FOOD Festival juga dapat sekaligus melestarikan ragam kuliner khas Manado," ujar Korah.
Tercatat hingga saat ini, GO-FOOD - layanan pesan-antar makanan dari aplikasi GO-JEK telah menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia di luar Cina dan sudah bekerja sama dengan lebih dari 250.000 merchant di Indonesia, di mana 80 persen di antaranya masuk kategori usaha mikro, kecil, dan menengah di bidang kuliner.
GO-FOOD Festival sendiri secara bertahap akan merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia.
Untuk mendapatkan kesempatan membuka gerai di GO-FOOD Festival, penjual harus terlebih dahulu terdaftar sebagai merchant GO-FOOD dan memiliki performa yang baik.
(NanangNoholo)
Post a Comment